Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan TLD (Top Level Domain)

Seseorang yang terjun kedalam dunia blogging pasti sudah tidak asing lagi dengan TLD (Top Level Domain). Apakah sangat penting TLD diterapkan dalam blog yang kita bangun? Menurut saya ini sedikit membingungkan untuk dijelaskan karena ada kelebihan serta kekurangan dalam menggunakan Top Level Domain ini.

Dan kali ini ID Syahrul akan memberikan kepada anda apa saja sih kelebihan serta kekurangan dalam menggunakan Top Level Domain. Silahkan simak, untuk memudahkan anda dalam menggunakan Top Level Domain nantinya.

Lah? kok ID Syahrul masih menggunakan subdomain .blogspot.com? Jangan cemas saya menulis artikel ini tidak sembarangan, karena saya juga memiliki beberapa blog yang telah saya pasangi Top Level Domain.

Mengenai Top Level Domain

Penggunaan domain sendiri, dapat dibagi menjadi dua yaitu Top Level Domain dan Subdomain, yang mana Subdomain ini bawaan dari platform seperti .blogspot.com (blogger) .wordpress.com (wordpress).

Top Level Domain sendiri adalah sebuah alamat yang kita buat dan kita daftarkan secara pribadi, untuk mendapatkan Top Level Domain ini tidaklah gratis. Anda dapat mendapatkan Top Level Domain dengan harga yang sangat bervariasi dan dapat anda beli di berbagai website penyedia domain.

Adapun contoh Top Level Domain ini adalah sebuah website atau situs yang memiliki akhiran url seperti .com .net .id .club .xyz dan lain-lain.

Baca Juga : Pentingnya Tampilan Blog Bagi Kenyamanan Pengunjung

Disini ID Syahrul tidak akan menuliskan mengenai top level domain secara lengkap, karena dalam artikel ini kami hanya bertujuan menulis artikel tentang kelebihan dan kekurang dalam menggunakan top level domain.


Kelebihan Menggunakan Top Level Domain

1. Alamat Situs Terlihat Professional

Blog yang menggunakan Top Level Domain, akan berkesan serius dibangun dan terlihat professional dimata pengunjung. Misalkan idsyahrul.blogspot.com yang kemudia saya ubah ke TLD dengan alam idsyahrul.com dan manakah dari kedua domain ini yang terlihat sangat profesional? tentu situs dengan alamat domain yang telah dicustom bukan?

2. Alamat Situs Mudah di Ingat

Dengan menggunakan Top Level Domain, tentu saja alamat situs akan menjadi sangat pendek karena embel-embel subdomain sudah dihapus, tentunya akan memudahkan para pengunjung untuk mengingat alamat situs yang telah di custom dengan Top Level Domain.

Baca Juga : Kesalahan Seorang Blogger yang Sebaiknya Anda Hindari

Hal ini menjadi salah satu yang sangat menguntungkan, apabila pembaca ingat dengan alamat situs, ada kemungkinan pembaca akan datang kembali ke alamat situs tersebut untuk membaca artikel lainnya.

3. Bisa Mengubah Domain

Pada saat kita berpindah dari Subdomain ke Top Level Domain, tentu kita dapat mengubah alamat situs sesuai selera kita yang nantinya akan kita pakai. Dan juga apabila kita menggunakan Top Level Domain, kita juga dapat mengatur DNS dan beberapa pengaturan domain itu sendiri.

4. Memudahkan Untuk Mempromosikan Blog

Kemungkinan sebuah alamat situs tidak akan berkembang jika tidak melakukan promosi atau share, dengan alamat domain yang pendek dan mudah di ingat, anda dapat mengenalkan alamat situs anda ke teman, sahabat, orangtua, atau pun mantan yang kini telah bersama orang lain. Karena mereka akan lebih mudah untuk mengingat alamat situs yang menggunakan Top Level Domain dari pada Subdomain.

5. Adanya Kepuasan Tersendiri

Mungkin ada sedikit perbedaan menggunakan Top Level Domain dengan Subdomain. Karena, akan muncul rasa puas terhadap diri kita sendiri dan sedikit kesan sombong hehe (sombong tidak baik bro). Tentunya dengan menggunakan Top Level Domain akan membuat penulisnya merasa sangat bangga dan sangat senang, yang mana dapat menjadi acuan untuk menjadi seorang penulis yang semangat.

6. Alamat Situs Menjadi Pendek

Alamat situs otomatis akan menjadi pendek dan mudah diingat apabila kita menggunakan Top Level Domain. Misalnya alamat situs saya jika menggunakan Top Level Domain (idsyahrul.blogspot.com) dan menggunakan Subdomain menjadi (idsyahrul.com). Sudah kelihatan pendek bukan? Ya tentu! Karena embel-embel subdomain platform sudah dihilangkan.

Kekurangan Menggunakan Top Level Domain

1. Trafik Akan Turun Untuk Sementara

Jika anda mengganti dari Subdomain ke Top Level Domain, apabila suatu blog sudah keindex mesin pencari dengan menggunakan subdomain, ketika anda mengganti Subdomain ke Top Level Domain Tentunya domain akan mengalami penurunan trafik yang terbilang hanya untuk sementara. Karena dengan menggunakan Top Level Domain yang terbilang baru, maka mesin pencari akan mengindex ulang domain yan baru.

Baca Juga : 5 Cara Masuk Page One Google dan Bing Dengan Teknik SEO Off Page

Namun, menurut saya masalah ini jangan dikhawatirkan, karena seiring berjalannya waktu, trafik akan normal kembali bahkan akan bisa lebih naik lagi jika menggunakan Top Level Domain.

2. Keluarnya Biaya

Top Level Domain dapat digunakan dengan mengeluarkan sedikit uang, ada juga yang gratis tapi menurut kami sangat tidak efisien saat digunakan. Biaya untuk mendapatkan Top Level Domain per tahun memiliki harga sekitar 100.000++. Dengan begitu kita tentunya akan mengeluarkan biaya pertahun untuk memperpanjang domain yang telah kita buat.

3. Domain Susah di Dapatkan

Pada saat mendaftarkan sebuah alamat domain, tentu saja anda akan memilih dan mencari nama domain yang sesuai selera anda. Namun untuk mendapatkan domain yang unik inilah sangat susah untuk didapatkan, karena domain-domain sudah didahului atau sudah diambil oleh orang lain. Dan jika domain sudah diambil oleh orang lain, maka anda sebaiknya mengganti domain ke yang lain.

Mungkin itu saja Kelebihan serta Kekurangan Dalam Menggunakan Top Level Domain. yups, sekian artikel kali ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua dalam memilih Top Level Domain.

Berikan komentar tepat dibawah ini jika ada pertanyaan atau ada kesalahan dalam penulisan artikel kami.

Happy Blogging - ID Syahrul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
==Close==